Mata Pelajaran :
Biologi 4
Beban Belajar : 4 SKS
Pertemuan (Minggu) ke- : 3
Alokasi Waktu : 8 x 45
menit
Kompetensi Dasar :
3.4. Menerapkan
prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat.
Tujuan pembelajaran :
·
Siswa mampu menemukan hipotesa yang diajukan
Mendel tentang pewarisan sifat.
· Siswa mampu menerapkan hukum Mendel menentukan
ratio perbandingan fenotip dan genotip keturunan.
· Siswa mampu menjelaskan penyebab
penyimpangan-penyimpangan semu hukum Mendel.
· Siswa mampu menjelaskan macam-macam penyimpangan
semu hukum Mendel dengan aplikasinya.
· Siswa mampu menerapkan penyilangan secara
teoritis penyimpangan semu hukum Mendel.
· Siswa mampu menjelaskan berbagai pola-pola
hereditas, seperti tautan, pindah silang, gen ltal, nondisjungsi dll.
· Siswa mampu membedakan pola hereditas yang satu
dengan lainnya, seperti tautan dengan pindah silang, tautan seks dengan gen
letal.
· Siswa mampu menjelaskan bagaimana usaha
mempelajari pola pewarisan sifat pada manusia.
· Siswa mampu mengidentifikasi cacat, penyakit,
kelaianan, dan pola pewarisannya pada manusia.
· Siswa mampu menjelaskan cara-cara menghindari
terjadinya pewarisan sifat yang merugikan.
· Siswa mampu mengaplikasi perhitungan ratio
terjadinya pewarisan sifat pada manusia.
A.
Tatap Muka 1
1.
Ringkasan materi:
Prinsip hereditas dan mekanisme pewarisan sifat.
o Hereditas
Mendel.
Pewarisan sifat dari hasil persilangan memiliki
prinsip-prinsip tertentu sesuai yang dikemukakan dalam Hukum Mendel I dan Hukum
Mendel II.
o Penyimpangan
semu Hukum Mendel.
Angka-angka
perbandingan fenotip tidak selalu sama seperti yang dikemukakan Mendel, karena
sebab tertentu, seperti atavisme, polimeri, kriptomeri, epistasis-hipostasis.
2.
Metode: Diskusi informasi
3. Sumber Belajar :
·
Campbell, BIOLOGY,
8th edition, 2008, (buku teks)
·
Campbell,
BIOLOGY, 7th edition, 2005, (CD pembelajaran)
1
·
Internet:
www.campbellbiology.com
www.masteringbio.com
4. Media/Alat/bahan: LCD, komputer
5. Rincian Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
|
|||||
Langkah
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
|||
(menit)
|
|||||
Pendahuluan
|
Memberikan
|
pengantar
yang
|
berkaitan dengan
|
10
|
|
hereditas
|
|||||
Kegiatan Inti
|
-
|
Menjelaskan materi hereditas
|
yang disertai
dengan
|
70
|
|
diskusi interaksi
|
|||||
-
|
Melakukan
|
tanya
jawab
|
untuk mengevaluasi
|
||
pemahaman siswa.
|
|||||
Penutup
|
Memberikan
kesimpulan dan tanggapan
atas hasil
|
10
|
|||
perencaan studi siswa
|
B.
Tatap Muka 2
1.
Ringkasan materi:
o Pola-pola hereditas.
Pewarisan sifat dari induk
kepada keturunannya melalui gamet dengan mengikuti aturan tertentu, antara
lain: tautan, tautan seks, pindah silang, determinasi seks, gen letal,
nondisjungsi, dll.
o Hereditas pada
manusia.
Sifat-sifat
manusia diturunkan pada keturunannya mengikuti pola pewarisan tertentu. Ada
yang melalui kromosom X, Y atau kromosom autosom.
2.
Metode: Diskusi informasi
3. Sumber Belajar :
·
Campbell,
BIOLOGY, 8th edition, 2008, (buku teks)
·
Campbell,
BIOLOGY, 7th edition, 2005, (CD pembelajaran)
·
Campbell,
BIOLOGY, 7th edition, 2005, (presentasi powerpoint dan handoutnya)
·
Internet:
www.campbellbiology.com
www.masteringbio.com
4. Media/Alat/bahan: OHP/LCD, komputer
5. Rincian Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
|
||
Langkah
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
(menit)
|
||
Pendahuluan
|
Memberikan apersepsi materi yang berkaitan
dengan
|
10
|
hereditas manusia
|
||
Kegiatan Inti
|
- Menjelaskan materi pola-pola hereditas dan
hereditas
|
70
|
manusia yang disertai dengan diskusi interaksi
|
||
- Melakukan
tanya jawab untuk
mengevaluasi
|
||
pemahaman siswa.
|
||
Penutup
|
Memberikan kesimpulan materi yang telah
diajarkan
|
10
|
2
1.
Ringkasan materi
Pewarisan sifat dari hasil persilangan memiliki prinsip-prinsip
tertentu sesuai yang dikemukakan dalam Hukum Mendel I dan Hukum Mendel II.
2.
Metode: Diskusi informasi
3. Sumber Belajar: Campbell, BIOLOGY, 8th edition,
2008 dan internet
4.
Media/Alat/bahan LCD, komputer
5. Rincian Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
|
||
Langkah
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
(menit)
|
||
Pendahuluan
|
Memberikan pengantar yang
berkaitan dengan jalannya
|
5
|
diskusi tentang prinsip hereditas Mendel
|
||
Kegiatan Inti
|
- Menyaksikan VCD
tentang usaha Mendel menemukan
|
75
|
prinsip-prinsip hereditas
|
||
- Melakukan
tanya jawab yang
berkaitan dengan
|
||
materi yang ditampilkan dari VCD
|
||
Penutup
|
Menyimpulkan hasil diskusi
|
10
|
D.
Tugas Terstruktur 2
1.
Ringkasan materi
Sifat-sifat manusia diturunkan pada keturunannya
mengikuti pola pewarisan tertentu. Ada yang melalui kromosom X, Y atau kromosom
autosom.
2.
Metode: Diskusi kelompok
3. Sumber Belajar: Campbell, BIOLOGY, 8th edition,
2008 dan internet
4. Media/Alat/bahan
Internet dan buku referensi lainnya
5. Rincian Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
|
||
Langkah
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
(menit)
|
||
Pendahuluan
|
Memberikan
pengantar yang berkaitan
dengan
|
10
|
kelainan/penyakit yang menurun
|
||
Kegiatan Inti
|
Membimbing
diskusi kelompok yang
membahas
|
70
|
tentang
berbagai
cacat, penyakit/kelainan, dan
pola
|
||
pewarisannya pada manusia dari berbagai sumber
|
||
Penutup
|
Menyimpulkan hasil diskusi
|
10
|
E.
Tugas Mandiri
1.
Ringkasan Materi:
Sifat-sifat manusia diturunkan pada keturunannya
mengikuti pola pewarisan tertentu. Ada yang melalui kromosom X, Y atau kromosom
autosom.
2. Tugas untuk siswa: Mengerjakan soal-soal tentang
prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat.
Penilaian :
·
Bentuk Penilaian: pengamatan sikap, tes, dan
tugas.
·
Aspek yang
Dinilai: sikap, dan/atau pengetahuan
3
·
Instrumen
Penilaian: lembar soal
·
Indikator
Penilaian:
Siswa mampu mengidentifikasi cacat, penyakit,
kelaianan, dan pola pewarisannya pada manusia.
·
Instrumen:
Kelainan dan penyakit genetik pada manusia dapat
disebabkan oleh ....
a. perubahan jumlah kromosom
b. perubahan struktur kromosom
c. mutasi
d. pindah silang
e. jawaban a, b, c, dan d benar
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Endang Hidayat, SE, Ed.M. Dra. Hj.
Sri Rahayu
NIP 195911201987031005 NIP
195902011985032004
4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar